Kamis, 08 Desember 2016

Wolorpas Menanti Terbenamnya Matahari



Masyarakat  Lembata pada umumunya  mengenal akan pesona alam Bukit  Cinta yang letaknya di desa Bour Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Tempat ini sebelum  tidak begitu dipedulikan  masyarakat karena, hanya sebuah bukit  bebatuan, ditumbuhan padang rumput   yang  gersang.  Apabila dikala siang hari akan nampak secara jelas fata morgana dari pandangan dikarenakan teriknya matahari.  Namun kina bukit wolor pass di desa Bour berubah dikarenakan  anak-anak muda  selalu mendatangi untuk berfoto-foto  diwaktu siang,  maupun disaat matahari terbenam ( sunset)  bahkan malam hari  dikarenakan cahaya-cahaya lampu para nelayan yang melaut membuat pemandangan menjadi begitu indah. 




Pada akhirnya Pemerintah setempat memanfaatkan momen ini, untuk membangun sebuah prasasti bertuliskan “ LOVE “ di  puncak bukit bour sebagai  tempat wisata alam.  Apa bila pandangan dari  udara saat melintasi tempat ini maka, akan nampak secara  jelas anak tangga yang dibangun mengitari bukit bour  yang berbentuk love akan terlihat dengan jelas. 
Dengan demikian bukit bour yang dulunya dikenal dengan sebutan Wolor Pass menjadi Bukit Cinta,  bukan karena prasasti atau anak tangga yang  dibangun berbentuk love namun,  karena bukit wolor pass  dalam bahasa lamaholot  yang berarti bukit cinta.




Bukit cinta dapat dikunjungi kapan saja baik itu siang yang terik namun,  tidak akan menyurutkan hati  siapapun yang datang ketempat ini.  Itu semua dikarenakan di puncak bukit wolor pass  terlihat dengan jelas pemandangan alam karena cinta tuhan begitu besar yang menjadikan semua itu indah akan alam yang di ciptakan.  Wolor pass seolah-olah  akhir dari suatu pengembaraan melintasi alam  dimana semua kepenatan maupun beban akan pekerjaan akan pudar dibawah pergi angin yang melintasi bukit ini.   



Dari kejauhan akan terlihat dengan jelas gunung bour, gunung koge, gunung ile boleng, gunung ile ape, pasir putih sepanjang pantai bour sampai ke laut sawu sebelah selatan dari arah utara laut flores, laut bagaikan kaca terlihat karena nampak dengan jelas terumbu karang di dasar laut.  Itu sebabnya masyarakat selalu berdatangan, baik berpasangan maupun keluarga untuk menikmati keindahan alam Wolor Pass/ Bukit Cinta, karena sunsentnya Lembata terbaik  ada di tempat ini.

Untuk mencapai  tempat ini,  dapat menggunakan kendaraan umum atau  jasa ojek dengan jarak tempuh sekitar dua puluh menit lamanya, dari kota Lewoleba dengan biaya Rp. 20.000.  Bagi pengunjung dari luar kabupaten dapat menggunakan jasa laut maupun udara.  Jika dengan kapal Veri maka jarak dari pelabuhan Cuma Rp.10.000.  Apabila menggunakan jasa kapal PELNI maka,  biaya jasa  ojek  Rp. 20.000 dari pelabuhan Lewoleba. Sedang menggunakan jasa pesawat  udara  dari bandara Wunopito dapat menggunakan jasa ojek Rp. 50.000.  Selain jasa ojek ada pula jasa angkutan travel dengan biaya Rp. 100.000 - 500.000 tergantung berapa lama pemakaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar